Banyak faktor yang bisa menyebabkan hipertensi. Namun, bukan berarti kita mesti menyerah begitu saja. Hipertensi dapat dicegah dan dikelola. Berikut tipsnya:
1. Pertahankan berat badan sehat. Segera tindak kelebihan berat badan dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik.
tetap aktif secara fisik. Usahakan untuk berolahraga ringan paling tidak 30 menit sehari. Anda bisa juga mengombinasikan antara pekerjaan fisik sehari-hari di rumah (misalnya beres-beres atau menyapu lantai) dengan kegiatan olahraga ringan untuk mewujudkan target 30 menit Anda.
2. Menerapkan rencana makan sehat. Buatlah rencana pola makan yang rendah lemak jenuh, lemak keselurahan dan kolesterol, juga mengandung banyak buah, sayur dan produk susu rendah lemak. Catat semua yang Anda makan dan minum dalam sebuah jurnal dan tandai bagian-bagian yang Anda anggap sukses atau bagian yang Anda anggap harus diperbaiki.
3. Kurangi sodium dalam diet Anda. Pilih makanan yang rendah kandungan garam dan sodium. Gunakan bumbu seperti rempah-rempah dan bawang-bawangan untuk menambah cita rasa.
4. Konsumsi obat dokter sesuai petunjuk. Jika Anda harus mengonsumsi obat untuk membantu menurunkan tekanan darah, Anda tetap harus mengimbanginya dengan mengubah gaya hidup. Kalau Anda sering lupa, minta bantuan dari anggota keluarga untuk mengingatkan minum obat.


• Published: www.ApotekHerbal.com
• Sumber: Victor-health

 

 


Free Dreamweaver Templates | Cheap Web Hosting | Small Business Web Hosting