Selulit (stretchmark) merupakan garis-garis yang terdapat pada kulit dan umumnya hanya muncul di tempat-tempat tertentu. Selulit merupakan kolagen yang terbentuk di permukaan kulit. Selulit merupakan kelainan kulit yang disebabkan peregangan kulit secara cepat.

Beberapa fakta mengenai selulit :

1. Selulit tidak hanya disebabkan oleh kehamilan, namun juga dapat terjadi pada seseorang yang berat badannya naik dengan cepat karena penyakit tertentu (cushing disease, diabetes, dan lainnya), serta penggunaan kortikosteroid dalam jangka waktu yang panjang.
2. Hingga sekarang belum ada cara untuk bisa menghilangkannya.
3. Selulit tidak dapat hilang dengan sendirinya, bahkan setelah melahirkan.
4. Selulit tetap akan dapat muncul meskipun berat badan tidak bertambah terlalu banyak.
5. Selulit tidak dapat hilang, hanya warnanya saja yang semakin lama akan semakin pudar.
6. Kini sedang diusahakan penggunaan laser untuk menghilangkan selulit pada tubuh, namun tidak banyak yang berhasil. Jika dioperasi, akan ada bekas operasinya juga.
7. Selulit tidak hanya muncul di paha, selulit bahkan dapat timbul di bagian tubuh lainnya, seperti payudara, pinggul, pantat, perut, dan lengan.
8. Selulit dapat dicegah dengan beberapa cara seperti jangan menambah berat badan dengan cepat. Pada bulan-bulan pertama kehamilan harus rajin mengolesi perut, pantat, payudara dengan krim yang dapat melembabkan. Jangan menggunakan obat yang diminum atau obat oles tanpa konsultasi dari dokter. Seseorang yang menderita diabetes atau penyakit cushing, segeralah berkonsultasi ke dokter.
9. Tidak benar bahwa semakin terang warna kulit seseorang, maka akan semakin gelap warna garis selulitnya. Hal tersebut terjadi karena warnanya yang kontras sehingga terlihat lebih gelap.


• Published: www.ApotekHerbal.com
• Sumber: Victor-health

 

 


Free Dreamweaver Templates | Cheap Web Hosting | Small Business Web Hosting