Penyimpangan perilaku yang terkadang timbul masih wajar. Namun sebenarnya, orang-orang dan lingkungan yang melingkari anak tersebut berperan besar terhadap penyimpangan yang mungkin terjadi.

Psikolog menjelaskan bahwa penyimpangan perilaku anak disebabkan karena :

Menginginkan perhatian
Orangtua tidak boleh menunjukkan perhatian pada saat anak bertingkah laku nakal, mengejutkan, atau jahat. Anak akan merasa dengan ia melakukan hal-hal buruk tersebut, ia baru akan mendapat perhatian dari orangtuanya.

Menginginkan kendali atau kekuatan
Anak merasa putus asa akibat kondisi-kondisi tertentu. Oleh karena itu anak berfikir dengan melakukan penyimpangan, ia menuntut kendalinya. Contohnya saja, anak mau melakukan sesuatu asal ditemani oleh Anda.

Menginginkan balas dendam
Anak dapat melakukan perilaku yang menyimpang untuk membalas dendam. Misalnya saja seorang anak mengambil benda kakaknya karena sang kakak sering membohonginya.

Ia ingin menunjukkan bahwa ia berbeda
Anak yang memiliki orang-orang dewasa di sekitarnya yang selalu menekannya, menuntutnya untuk selalu mendapatkan angka bagus, ia justru dapat melupakan pekerjaan rumah dan buku-bukunya agar orang-orang tidak terlalu mengharapkan terlalu banyak dari mereka.

• Published: www.ApotekHerbal.com
• Sumber: Victor-health

 

 


Free Dreamweaver Templates | Cheap Web Hosting | Small Business Web Hosting