Hati-hati dengan banyak cara atau program yang ditawarkan agar Anda langsing kembali setelah melahirkan.

Beberapa pendapat mengenai "langsing" :

Menurut dr. Tanya Rotikan, Sp.KO , dari Bagian Kedokteran Olahraga, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, "Langsing atau bentuk tubuh ideal adalah kondisi di mana perbandingan antara tinggi dan berat badan sesuai. Jumlah lemak di tubuh juga berada dalam batas-batas normal. Jadi, secara keseluruhan orang tersebut memang tampak proporsional dan menarik dipandang."

Dr. Sri Sukmaniah, MSc. dari Bagian Ilmu Gizi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berpendapat bila menggunakan indeks massa tubuh, "langsing" berada dalam rentang 19 hingga 23.

Dewasa ini sudah semakin banyak tawaran program melangsingkan tubuh setelah melahirkan di pasaran. Contohnya saja : tanpa obat, tanpa suntik, tanpa diet ketat, tanpa olahraga berat, dan berhasil dalam waktu singkat. Apakah benar?

Menurut dr. Sri, Program pelangsingan yang berlebihan dapat mengganggu fungsi jantung, ginjal, hati, atau usus, karena ada kemungkinan protein jaringan ikut digunakan sebagai sumber energi. Padahal, di dalam tubuh, prioritas penggunaan energi berasal dari karbohidrat dan lemak. Jika cara melangsingkan tubuh seperti itu dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka otot-otot Anda akan habis. Jika yang digunakan adalah protein dari jaringan otot yang penting akibatnya dapat sangat membahayakan, misalnya otot jantung. Begitu juga dengan fungsi ginjal dan hati, akan terganggu karena hasil metabolisme protein banyak zat racunnya. Oleh karena itu, tujuan utama dari semua program pengaturan berat badan sebaiknya adalah untuk kesehatan.

Jangan mudah tergiur untuk mengikuti program pelangsingan tubuh tertentu. Perhatikan terlebih dahulu untung ruginya, dan pelajari bagaimana cara kerja program tersebut. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter. Karena masalah kelebihan berat badan setelah melahirkan tidak hanya selesai dengan menjadi langsing saja, namun juga Anda menjadi sehat dan sukses menyusui.


• Published: www.ApotekHerbal.com
• Sumber: Victor-health

 

 


Free Dreamweaver Templates | Cheap Web Hosting | Small Business Web Hosting