Gizi yang buruk saat kecil akan membawa pengaruh buruk pada kesehatan fisik seorang anak. Tapi ternyata bukan hanya masalah pada fisiknya saja, tapi juga dapat menyebabkan anak mempunyai masalah perilaku saat usianya menginjak remaja.

Demikian yang terlihat dari penelitian terhadap sekitar 1.600 anak di kepulauan Mauritius, yang mengalami malnutrisi, kekurangan protein, mineral seng, besi dan vitamin B, saat mereka berusia tiga tahun. Dan setelah berusia 8, 11 dan 17 tahun, mereka cenderung mempunyai masalah perilaku yang bermacam-macam.

Anak-anak ini cenderung untuk bertingkah laku buruk di sekolah, berkelahi, melanggar peraturan sekolah dan masalah perilaku lainnya saat mereka bertumbuh dewasa. Mereka umumnya mempunyai tingkat kecerdasan (IQ) yang lebih rendah, yang merupakan tanda adanya defisit atau kekurangan dari neuro-kognitif otak akibat malnutrisi dan mungkin ini menjadi penyebab masalah perilaku tersebut.

Faktor lainnya, seperti latar belakang keluarga yang miskin, rumah yang buruk dan tingkat pendidikan orang tua yang rendah, tampaknya tidak berhubungan dengan masalah perilaku mereka.

Usia tiga tahun merupakan usia kritis bagi perkembangan otak seorang anak. Dengan gizi yang buruk pada saat itu dapat menyebabkan gangguan pada sejumlah fungsi otak sehingga mengakibatkan seorang anak menjadi agresif dan hiperaktif di kemudian hari.


Pengangkatan rahim merupakan tindakan yang irreversuble (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Oleh karena itu hal ini tentu harus dipertimbangkan masak-masak.

Berikut ini beberapa cara pengangkatan rahim :

1. Melalui dinding perut
Pengangkatan rahim dilakukan dengan cara membuka dinding perut, sehingga setelah terjadi tindakan akan meninggalkan bekas luka (seperti yang biasanya terjadi pada operasi sesar).

2. Melalui vagina
Pengangkatan rahim dengan cara ini dianggap lebih aman dan lebih baik dibandingkan dengan membuka dinding perut, karena selain tidak meninggalkan bekas luka, resiko terjadinya komplikasi lebih sedikit dan masa penyembuhannya lebih singkat.

3. Laparaskopi
Operasi pengangkatan rahim dilakukan dengan menggunakan alat yang dimasukkan melalui sayatan kecil di dinding perut. Luka bekas operasi kecil. Jika operasi ini dilakukan oleh dokter yang terampil, risiko operasi rendah dan pasien dapat lebih cepat pulang ke rumah.

4. Lavh
Lavh merupakan singkatan dari Laparascopic Assisted Vaginal Hysterectomy. Lavh merupakan gabungan antara operasi pengangkatan rahim melalui vagina dan laparaskopi.


• Published: www.ApotekHerbal.com
• Sumber: Victor-health

 

 


Free Dreamweaver Templates | Cheap Web Hosting | Small Business Web Hosting